Cara Alami Yang Ampuh Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dalam Waktu Cepat

Cara Alami Yang Ampuh Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dalam Waktu Cepat - Masalah jerawat merupakan masalah yang hampir di alami oleh setiap orang baik pada pria atau wanita, usia dewasa maupun remaja, selain menyebalkan jerawat juga sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa tidak percaya diri. Timbulnya jerawat memang bisa membuat orang tidak percaya diri, apalagi di saat berkumpul dengan temen-temen ataupun pasangan. Saking engga pedenya sering kali kita berusaha untuk menutupi wajah yang berjerawat agar jerawatnya tidak terlihat.

Tahukah anda, kalau jerawat itu muncul disebabkan oleh faktor psikis yang menyebabkan perubahan hormon. Oleh karena itu, engga usah heran jika tiba-tiba ada temen Anda yang kemudian uring-uringan di karenakan munculnya jerawat pas ada moment menghadiri acara pesta.

cara menghilangkan jerawat,cara menghilangkan jerawat secara alami,cara menghilangkan jerawat secara cepat,cara menghilangkan jerawat dengan cepat
Cara Alami Yang Ampuh Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dalam Waktu Cepat

Memiliki kulit yang bersih, sehat dan bebas jerawat merupakan idaman bagi setiap wanita. Kulit yang sehat membuat wajah menjadi bersih dan cantik tanpa perlu membeli obat jerawat. Namun sayangnya banyak wanita yang sibuk membeli kosmetik yang mahal untuk mempercantik dirinya, padahal faktor internal itu sangat berpengaruh terhadap kecantikan seseorang (inner beauty). Dengan menjaga kesehatan kulit serta di ikuti dengan kecantikan batin seperti murah tersenyum, riang serta menghindari faktor stress maka otomatis kecantikan wanita akan terpancar dari wajahnya dengan sendirinya cantik bukan karena polesan kosmetik.

Cara menghilangkan jerawat memang sangat banyak diidamkan oleh semua orang, terutamanya wanita. Namun langkah cepat dan praktis membuat orang lebih memilih pengobatan secara kimiawi. Tak mengherankan jika kita melihat banyak sekali obat jerawat yang bertebaran di pasaran untuk menyasar para penderita dengan kriteria tersebut. Namun ada baiknya jika anda lebih memilih cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami yang tidak menimbulkan efek samping, baik untuk wajah anda maupun tubuh anda.

Namun jerawat bukan hanya menimbulkan masalah saat timbulnya saja, melainkan bekasnya juga. Walaupun kita sudah berhasil menyembuhkan jerawat di wajah, namun tak dapat dipungkiri terdapat bekas jerawat yang bisa dibilang membandel. Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya?

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dalam 1 Satu Hari

Apakah bisa menghilangkan jerawat hanya dalam sehari? Jawabannya mungkin. Mungkin banyak orang yang tidak mempercayai, akan tetapi cara menghilangkan jerawat dalam 1 harisangatlah mudah dan mungkin untuk dilakukan. Sebelumnya, sebaiknya anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab jerawat.

Makanan-Makanan Penyebab Jerawat:

  • Es krim
  • Mie instan
  • Santan kental
  • Junkfood
  • Makanan yang mengandung MSG
  • Makanan berlemak
  • Gorengan
  • Sambal goreng/balado
  • Seafood (udang, kerang, cumi, kepiting) kecuali ikan.
  • Kacang mete
  • Kue-kue manis
  • Kacang tanah
  • Makanan berkarbohidrat tinggi
  • Permen coklat
  • Nasi goreng
  • Mie bakso
  • Susu full cream
  • Mie ayam

Faktor Faktor Penyebab Jerawat

Disamping faktor makanan ada banyak faktor lain penyebab timbulnya jerawat. Faktor ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Oleh karena itu anda perlu memahami berbagai faktor itu agar pencegahan dan pengobatan penyebab timbulnya jerawat segera cepat teratasi. Disini saya akan menjabarkan berbagai faktor penting yang menyebabkan seseorang mudah terkena jerawat, yaitu:


A. Faktor Hormonal

Saat menjelang datang bulan biasanya seorang wanita akan mengalami masalah jerawat diwajahnya, hal ini disebabkan karena faktor meningkatnya hormon progesteron yang menyebabkan kulit menghasilkan minyak berlebih, sehingga memicu timbulnya jerawat karena penumpukan lemak dijaringan kulit yang menyebabkan aliran darah tidak lancar dan tersumbat. Begitu pula remaja atau orang yang sedang jatuh cinta akan mudah muncul jerawat diwajahnya disebabkan meningkatnya hormon ditubuhnya.


B. Faktor Bakteri

Biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan bakteri akan bertambah banyak dengan cara berkembang biak di kulit, yang disebut dengan p.acne, bakteri ini berkembang biak didalam kelenjar yang bernama sebaceous yang tersumbat sehingga menimbulkan iritasi didalam kulit. Pembengkakan akan terus terjadi didalam kelenjar dan kemungkinan besar akan pecah, inilah penyebab radang kulit yang menyebar di sekitanya, dan hasilnya timbulnya bekas luka karena jerawat yang membandel seperti jerawat batu yang lebih sukar diobati daripada jerawat biasa yang biasanya mudah diterapi secara medis maupun bahan-bahan alamiah.

C. Faktor Make Up

Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang bagi kaum hawa salah memakai make up sehingga menimbulkan alergi di kulit. Pemilihan make up wajah yang benar adalah faktor kunci untuk menjaga kesehatan kulit anda. Maka pilihlah bahan kosmetik yang cocok dengan kulit anda.


D. Faktor Keturunan

Faktor keturunan atau faktor genetis sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat di wajah kita. Orang tua baik ayah maupun ibu yang masa mudanya terkena jerawat maka anaknya juga akan mudah terkena jerawat.


E. Faktor Stress

Faktor stress sangat penting dalam munculnya jerawat diwajah, stress/depresi dapat menyebabkan terganggunya kesehatan dan metabolisme terganggu, stress juga dapat memicu maag dan penyakit lainnya. Maka menjauhi stress dan perbanyak tertawa dapat meredakan timbulnya jerawat di wajah.


F. Faktor Jenis Kulit

Orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih mudah terserang jerawat daripada yang memiliki jenis kulit kering, hal ini karena penyumbatan akibat minyak/lemak berlebih dialiran darah jaringan kulit. Umumnya jerawat muncul bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak atau sebaceus gland penyebab tersumbatnya saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Namun tidak menutup kemungkinan jerawat juga bisa muncul bagi yang memiliki kulit kering.

Penyebab jerawat yang paling utama dan umum adalah dikarenakan faktor hormonal, minyak berlebih dan dikolaborasikan dengan faktor bakteri.


G. Faktor Infeksi

Komedo timbul karena adanya kotoran yang menyumbat di kulit wajah. Terkadang orang yang terkena komedo tergerak untuk mengeluarkan 'komedo' dengan cara memencet-mencetnya sehingga timbul infeksi yang akhirnya menimbulkan jerawat.


H. Faktor Lingkungan

Hidup dikota besar seperti Jakarta, Surabaya, dll tak mungkin bisa menghindar dari polusi udara baik dari kendaraan bermotor, debu, dll. Wajah yang terkena kotoran dan polusi tentu akan menimbulkan masalah di kulit wajah anda maupun tubuh anda diperparah dengan cara hidup yang tidak sehat seperti merokok, salah penggunaan kosmetik dan waktu tidur yang tidak teratur akan jelas-jelas memicu timbulnya jerawat baik di wajah maupun punggung, dada dan lengan atas seseorang.


I. Faktor Obat-Obatan

Aktivitas bakteri patogen yang meningkat bisa sebabkan timbulnya masalah jerawat dikarenakan daya tubuh seseorang itu menurun. Dan daya tubuh yang menurun ini bisa disebabkan karena mengkonsumsi obat kortikosteroid baik diminum atau oral maupun topical (oles).


Berikut Tips Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat Alami dan Cepat

1. Menggunakan Minyak Bulus

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya adalah menggunakan minyak bulus. Salah satu alasan kenapa minyak bulus sangat efektif untuk menghilangkan jerawat adalah karena minyak bulus memiliki kandungan kandungan vitamin E yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, vitamin E baik untuk mejaga kesehatan kulit.

Namun, penggunaan vitamin E yang terkandung dalam minyak bulus bukan untuk dikonsumsi secara oral (diminum). Vitamin E dalam minyak bulus baik untuk penggunaan luar pada kulit. Tingginya kandungan vitamin E ini yang membuat minyak bulus mampu mengatasi hampir semua permasalahan kulit dan salah satunya adalah menghilangkan jerawat.

2. Menggunakan madu

Madu merupakan salah satu obat herbal yang dapat kita gunakan untuk memberantas jerawat yang muncul di wajah kita. Madu memiliki zat antibiotik yang sangat tinggi yang dapat membantu mencegah infeksi serta proses penyembuhan penyakit kulit. Namun yang perlu anda ingat, jika anda menggunakan cara ini dan malah kulit anda terasa gatal atau merah, maka jangan diteruskan karena kulit anda termasuk sensitif. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan madu pada kapas yang bersih. Kemudian letakkan pada jerawat anda layaknya sedang di kompres. Biarkan kurang lebih 30 menit dan setelah selesai bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan lemon

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang lain adalah dengan menggunakan buah lemon. Buah yang kaya akan vitamin C ini sangat ampuh membasmi jerawat yang timbul. Belilah jeruk lemon di pasar dan jangan mencoba untuk menggunakan lemon dalam kemasan botol karena sudah bercampur dengan bahan kimia lainnya. Untuk cara penggunaannya sendiri cukup peras air lemon secukupnya, lalu usapkan dengan kapas. Lakukan ini pada saat menjelang tidur dan bilas keesokan harinya.

4. Menggunakan bawang putih

Bawang putih merupakan zat multifungsi, sebagai antivirus, antijamur, antioksidan, dan antiseptik. Bawang putih sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat batu maupun biasa di wajah. Kandungan zat sulfur yang terdapat di dalam bawang putih lah yang membantu mengatasi masalah jerawat tersebut. Adapun cara menggunakannya cukup potong 1 siung bawah putih menjadi dua bagian, dan gosokkan di jerawat membandel di wajah anda. Diamkan kurang lebih 5-10 menit lalu cuci dengan air hangat. Lalukan ini secara rutin sampai jerawat mengecil.

5. Menggunakan tomat

Seperti yang sudah kita ketahui, tomat merupakan bahan yang sering digunakan untuk masker alami wajah. Tomat memang dianggap dari jaman dahulu dapat menghaluskan wajah karena mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk membantu mengurangi jerawat. Anda cukup siapkan irisan buah tomat segar, lalu tutup di jerawat anda. Biarkan kurang lebih 10-15 menit. Lakukan tahapan ini secara rutin agar jerawat cepat menghilang. Namun jika jerawat anda sudah membandel dan meradang, jadikan tomat sebagai masker dengan cara memblender tanpa menggunakan air. Diamkan 20-30 menit di wajah dan setelah itu bilas hingga bersih.

6. Menggunakan lidah buaya

Mungkin anda lebih mengenal lidah buaya sebagai bahan untuk menyuburkan rambut, padahal lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menghilangkan jerawat. Lidah buaya sangat ampuh mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Lidah buaya juga mampu mengurangi minyak berlebihan pada kulit wajah yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Cara menggunakannya cukup iris lidah buaya hingga tersisa dagingnya saja. Anda dapat memeras hingga menjadi gel dan gel tersebut anda oleskan di wajah yang berjerawat. Diamkan kurang lebih 30-40 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin minimal dua kali seminggu sampai jerawat tidak muncul kembali.

7. Menggunakan mentimun

Selain tomat, mentimun juga sangat lumrah digunakan sebagai masker wajah alami. Mentimun dipercaya dapat membuat kulit wajah menjadi halus dan bercahaya. Anti inflamasi yang terdapat di dalam mentimun sangat cocok untuk mengobati jerawat batu ataupun jerawat biasa. Anda cukup meletakkan irisan mentimun segar di wajah anda dan biarkan sekitar 30-60 menit. Atau bila cara ini masih kurang ampuh, buatlah masker dari jus mentimun. Biarkan di wajah anda 30-60 menit hingga kering dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin hingga jerawat menghilang dengan sendirinya.

8. Jangan menggunakan tangan untuk mengeluarkan jerawat

Seringkali tangan kita usil jika melihat jerawat yang muncul di wajah. Padahal tangan merupakan ladang bakteri dan kotoran akibat aktivitas yang telah dilakukan sepanjang hari. Bukannya jerawat semakin hilang jika anda tekan dengan tangan, malah akan membuatnya semakin besar dan meradang. Jika anda ingin memencet jerawat, sebaiknya gunakan kapas atau kain bersih yang sudah dihangatkan dengan air panas.

9. Mencuci wajah secara rutin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab dari kulit wajah berjerawat adalah bakteri dan tersumbatnya pori-pori. Wajah yang kotor akibat asap knalpot dan keringat dapat dihilangkan dengan mencuci muka minimal dua kali sehari yang membuat wajah anda bersih. Anda dapat menggunakan cream pencuci wajah yang khusus dapat menghilangkan jerawat, atau kalau dirasa tidak perlu cukup cuci muka dengan kain yang telah direndam air hangat.

10. Kurangi pemakaian kosmetik

Jika anda sering pergi keluar rumah dan berpenampilan menggunakan kosmetik, sebaiknya anda tidak menggunakan kosmetik yang berlebihan. Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia yang memang berguna untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah, namun bila digunakan secara berlebihan dan terus menerus pastinya akan sangat berbahaya. Bijaklah dalam menggunakan kosmetik.

11. Hindari stres

Stres merupakan salah satu bagian dari kehidupan yang yang sering menimpa kita, terutama yang hidup di daerah perkotaan. Stres dapat timbul akibat beban kerja yang begitu berat ataupun bersifat monoton. Tanpa anda sadari ternyata stres dapat menimbulkan masalah jerawat pada kulit wajah anda. Reaksi kimia yang disebabkan pada saat stres dapat memicu peningkatan produksi hormon yang menyebabkan wajah berjerawat.

12. Perbanyak minum air putih

Air putih bermanfaat dalam meningkatkan kerja sistem peredaran darah manusia. Jika tubuh anda kekurangan air, maka akan menghambat sirkulasi darah akan terganggu. Air putih juga turut membantu detoksifikasi atau mengeluarkan racun di dalam tubuh. Dua manfaat air putih ini sudah cukup membantu menghilangkan jerawat. Minumlah air putih 8 gelas atau 2 L sehari dan rasakan sendiri khasiatnya.

Cara menghilangkan jerawat secara alami di atas dapat anda lakukan setiap hari karena tidak membahayakan bagi kesehatan wanita, terutama untuk kulit wajah anda. Ingat, bahwa diantara anda pasti memiliki kulit yang sensitif sehingga tips ini bisa saja tidak sesuai. Anda tidak perlu membaca dan menggunakan banyak cara menghilangkan jerawat dan bekasnya, serta jerawat batu, apalagi dengan cara-cara yang aneh dan tak masuk akal. Cukup menerapkan cara-cara di atas sudah mampu mengatasi masalah wajah berjerawat anda.

Cara diatas memang harus dilakukan secara teratur setiap hari. Maka dalam waktu tiga hari sampai satu minggu akan terlihat hasilnya. Cara diatas merupakan cara alami sehingga cukup aman kepada kulit wajah anda, malahan cenderung mempersehat kulit wajah anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih





0 comments:

Post a Comment