Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang - Bau mulut adalah salah satu hal yang dapat mengurangi tingkat kepercayaan seseorang khususnya pada saat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain. Bau mulut memang merupakan masalah yang mengganggu dan juga membuat tidak nyaman. Ketidaknyamanan biasanya akan dirasakan pada saat mengobrol. Tentunya akan sangat membuat kita tidak percaya diri pada saat berkumpul dengan teman untuk mengobrol. Kita akan lebih banyak diam karena masalah bau mulut yang dialami. Untuk mencegah terjadinya hal seperti itu, memang harus mengatasi masalah bau mulut tersebut.

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang
Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Di dunia medis, bau mulut disebut dengan halitosis. Bau mulut biasanya disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang berada di dalam gigi, akibat gigi berlubang dan menurunnya kondisi kesehatan seseorang. Penyebab bau mulut akibat gigi berlubang sangatlah mengganggu. Selain gigi yang berlubang menyebabkan sakit gigi, juga menyebabkan bau mulut. Cara yang tepat dan cepat memang harus pergi ke dokter gigi. Dokter gigi biasanya lebih tahu dan akan menyarankan untuk menambal gigi yang berlubang tersebut atau bahkan mencabutnya.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beragam faktor, tidak terkecuali karena gigi berlubang yang dipenuhi oleh tumpukan sisa-sisa makanan yang tidak Anda bersihkan dengan baik.

Sakit gigi akibat gigi berlubang sebenarnya masih bisa diatasi dengan mudah yakni cukup hilangkan saja gigi yang berlubang dengan menambalnya atau bila sudah benar-benar parah, cabut sisa patahan gigi berlubang dang anti dengan gigi palsu sehingga sisa-sisa makanan tidak bisa masuk kedalam gigi berlubang.

Tips Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut adalah hal yang terpenting agar bisa terhindar dari bau mulut akibat gigi yang berlubang. Kondisi dalam mulut yang tidak sehat mengakibatkan banyak bakteri dan kuman yang menempel pada gigi sehingga membuat gigi menjadi berlubang. Cara menjaga kebersihan mulut bisa dilakukan dengan mengosok gigi dua kali sehari, saat mengosok gigi sebaiknya dilakukan sesudah makan / sarapan di pagi hari dan pada saat sebelum tidur. Para ahli juga telah menyarankan untuk menggunakan obat kumur agar kuman dan bakteri di dalam mulut mati.

Sikat gigi secara teratur

Salah satu cara termudah mengatasi aroma mulut yang tidak sedap adalah merawat kesehatan gigi dan mulut yang mana diawali dengan rajin menyikat gigi setiap hari, di pagi dan malam hari sebelum tidur, cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang ini mungkin sudah banyak diremehkan akan tetapi efek positifnya sangatlah besar bisa menjaga kebersihan gigi dan menyegarkan mulut, pilih pasta gigi terbaik dan sikat gigi dengan bulu-bulu sikat yang halus sehingga tidak akan melukai gusi.

Agar efeknya di gigi dan mulut, pastikan untuk menyikat gigi dengan cara yang benar, cara menyikat gigi yang benar bisa Anda lihat di youtube atau tanyakan saja langsung ke dokter gigi

Menambal dan mencabut gigi

Masalah bau mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang bahkan membusuk, maka perlu menambal gigi bahkan mencabut gigi yang sudah membusuk. Namun, menggosok gigi juga penting selain harus menambal dan mencabut. Menggosok gigi rutin dilakukan akan menjaga kesehatan gigi juga mencegah terjadinya bau mulut. Perlu diperhatikan juga ketika akan menambal atau mencabut gigi, harus dengan saran dokter terlebih dahulu. Untuk menghindari hal-hal yang membahayakan, karena kalau sampai mencabut gigi berhubungan dengan saraf.

Konsumsi Buah dan Sayur

Di dalan mulut terdapat air liur. Air liur berfungsi sebagai pembunuh bakteri alami. Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari mampu menambah produksi air liur, tapi sangat disarankan mengonsumsi sayur dan buah yang dapat menghilangkan bau mulut seperti mentimun dan apel.

Minum air lemon hangat

Cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang kedua adalah dengan minum air perasan dari jeruk lemon hangat. Minum segelas air hangat yang telah ditambahkan dengan air perasan jeruk lemon akan membantu membunuh bakteri yang ada di dalam mulut dan juga membuat aroma napas menjadi lebih segar. Di samping baik untuk mengatasi bau mulut, bahan alami ini juga mampu membanu menurunkan berat badan karena kandungan alami dari jeruk lemonnya.

Membersihkan karang gigi

Karang gigi yang menempel pada gigi sangat berpengaruh menghambat sisa makanan, sehingga potensi untuk membuat bau mulut sangat besar. Karang gigi yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menyelip pada gigi, akan memicu terjadinya kerusakan gigi yang akhirnya menyebabkan bau mulut. Rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari akan mencegah terjadinya karang pada gigi dan bau mulut.

Meminum Teh

Cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang juga dapat diatasi dengan meminum teh. Di dalam teh terdapat kandungan polifenol yang setara dengan antioksidan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut.

Jaga kebersihan pencernaan

Cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang ketiga adalah dengan selalu senantiasa menjaga kebersihan pencernaan. Makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh akan mengakibatkan napas Anda menjadi berbau tidak sedap, maka dari itu, pastikan selalu membersihkan pencernaan dengan minum banyak air putih. Selain baik untuk napas yang segar, menjaga kebersihan pencernaan itu juga baik untuk kesehatan badan.

Merawat gigi

Merawat kesehatan gigi maupun mulut merupakan hal yang sangat penting. Penting melindungi gigi dari kerusakan juga terjadinya bau mulut. Walaupun sederhana, namun untuk merawat kesehatan gigi maupun mulut biasanya sering diabaikan. Hal seperti ini yang menyebabkan banyak masalah pada mulut maupun gigi, seperti karang gigi, gigi berlubang, dan juga masalah bau mulut. Rutin merawat kondisi kesehatan gigi maupun mulut, dengan melakukan gosok gigi sehari minimal dua kali akan mencegah dari masalah gigi dan bau mulut.

Konsumsi Bahan Herbal Alami

Menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi bahan-bahan herbal alami seperti cengkeh dan biji adas. Caranya cukup dikunyah setelah makan, hal itu akan membuat nafas menjadi segar.

Periksa kesehatan gigi serta mulut

Memeriksakan kesehatan gigi serta mulut dengan pergi ke dokter gigi minimal 3 bulan satu kali sehingga dokter bisa mengetahui dengan baik bagaimana kondisi gigi dan mulut Anda sejak terakhir periksa kesehatan gigi dan mulut. Memeriksakan kesehatan gigi dan mulut menurunkan risiko gigi berlubang dan karies gigi karena plak gigi selalu dibersihkan setiap konsultasi berlangsung.

Mengkonsumsi buah

Buah banyak mengandung vitamin, banyak juga manfaat yang terkandung didalam buah. Terutama buah yang mengandung vitamin C bisa mencegah bau mulut. Seperti buah jeruk, buah bery, buah lemon, buah pir, dan buah lainnya. Buah yang kandungan airnya tinggi juga mampu mengatasi bau mulut, karena dapat menambah produksi air liur dalam mulut. Karena air liur berfungsi membunuh bakteri dalam mulut yang menyebabkan bau mulut.

Menghindari Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Mengonsumsi alkohol dan merokok dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan dapat merusak gigi. Selain itu, mengonsumsi alkohol dan merokok akan mempengaruhi kesegaran nafas

Kumur air garam

Berkumur dengan air garam dapat membunuh bakteri dalam mulut. Masalah seperti sakit gigi, gigi berlubang, gigi membusuk yang disebabkan bakteri dan dapat menyebabkan bau mulut. Dengan berkumur air garam maka akan bisa membunuh bakteri yang merusak gigi juga menyebabkan bau mulut.

Mengonsumsi Banyak Air Putih

Mengonsumsi air putih, idealnya sekitar 6 hingga 8 gelas air setiap harinya. Air putih sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Jika membahas sistem metabolisme tubuh, tentunya akan berhubungan dengan sistem pencernaan. Mulut merupakan salah satu organ pencernaan yang dimiliki oleh manusia, oleh karena itu mengonsumsi banyak air putih juga dapat membantu membersihkan bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut.

Gunakan bahan alami

Bahan alami yang dapat mengatasi bau mulut aman digunakan untuk mengobati masalah bau mulut, juga tanpa efek samping. Bahan alami yang bisa mengobati masalah bau mulut karena gigi berlubang maupun disebabkan masalah lain, seperti ketumbar, kayu manis, daun sirih, kencur, beras, teh hijau, dan bahan alami lainnya. Mendapatkan bahan alami untuk mengobati bau mulut sangat mudah dah banyak terdapat disekitar kita. Selain aman, mudah didapat, tanpa efek samping, juga dapat mengatasi bau mulut dengan cepat.

Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan rutin dengan pergi ke dokter gigi secara berkala baiknya selalu dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Melakukan pemeriksaan tersebut juga berguna untuk membersihkan plak atau karang gigi. Karena plak atau karang gigi dapat menyebabkan gigi berlubang.

Hindari makanan yang menyebabkan gigi rusak

Makanan merupakan masalah yang sering jadi penyebab rusaknya gigi, berlubang, dan menimbulkan adanya plak atau karang gigi. Kemudian masalah berikutnya akan muncul bau mulut. Maka dari itu, hindarilah mengkonsumsi makanan yang menyebabkan rusaknya gigi dan bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang itu bukan hanya satu atau dua, melainkan ada banyak sekali dan secara keseluruhan cara-cara yang telah disebutkan di atas sangatlah sederhana dan murah, bisa Anda aplikasikan sehari-hari tanpa kesulitan. Pastikan untuk menerapkan cara di atas tanpa henti bila Anda ingin memiliki aroma napas segar sepanjang hari.

Terkadang menganggap hal-hal sepele dengan tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat berakibat fatal untuk kesehatan tubuh. Jagalah kesehatan sejak dini, karena kesehatan adalah sesuatu yang tak ternilai harganya.

Itulah cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Hindarilah masalah yang menyebabkan bau mulut maupun masalah dalam mulut lainnya. Jagalah kebersihan kondisi mulut, rajin-rajin menggosok gigi dua kali sehari secara rutin. Jika masalah bau mulut masih belum hilang, pergilang ke dokter gigi untuk menanganinya.




0 comments:

Post a Comment